Black Hole

Black Hold
Oleh: Hasrian Rudi Setiawan, ST, M.Pd.I

Menurut Stephen Hawking, jika kumpulan gas karena gaya gravitasi memadukan diri dan tenagany habis akan terjadilah black hole (lubang hitam). Dinamakan black hole (lubang hitam) karena tidak mengeluarkan sinar lagi. Black hole (lubang hitam) adalah merupakan singularitas, karena memiliki sifat-sifat yang bertentangan, waktu tidak ada lagi dan hokum alam tidak berlaku lagi, hal ini karena tidak terdapat gerakan atau perubahan. Lubang hitam merupakan salah satu factor penting dalam proses evaluasi jagat raya dan lubang hitam sampai saat ini masih misterius dan membawa banyak pertanyaan yang belum data dijawab oleh ilmu pengetahuan.
Adapun teori yang mungkin logis mengenai lubang hitam adalah lubang hitam terdiri dari kumpulan binttang massif yang meledak sebagai supernova, sehingga menyisakan ini yang massanya lebih kurang tiga kali lipat dengan massa matahari. Hal ini terjdi ketika bintang yang sekarat kehilangan energinya, bintang tersebut akan mengerut secara dramatis, kemudian menyebabkan tarikan ggravitasi yang luar biasa terhadap permukaan, sehingga akan menyebabkan apapun yang berada didekatnya akan dihisapnya.
Menurut Farhad Yusuf Zaheh astronom di Universitas North Western, Amerika Serikat. Beliau mengatakan bahwa besar lubang hitam 2.6 juta kali ukuran matahari. Kemudian menurutnya, lubang hitam adalah jangkar gravitasi yang membuat seluruh benda di alam semesta ini, termasuk matahari, berputar pada porosnya.
Black Hole dalam Alquran
Banyak fenomena jagat raya dan benda-benda luar angkasa, seperti matahari, galaksi, planer dan sebagainya disebutkan dalam Alquran. Sebelum mengklaim adanya fenomena black hole dalam Al-Quran, mari kita perhatikan ayat yang paling dekat untuk dikaji. Yaitu firman Allah Swt, yang artinya: “Aku bersumpah demi bintang tersembunyi. Yang bergerak cepat yang menyapu.” (QS. At-Takwir: 15-16).
Dalam ayat di atas Allah bersumpah dengan salah satu makhluk-Nya yakni bintang. Kemudian dalam ayat di atas disebutkan pula bahwa bintang tersebut memiliki tiga karakter, yaitu: Pertama, Khunnas, yaitu yang tersembunyi dan tidak terlihat. Karenanya, setan disebut juga khannaas karena ia tidak terlihat oleh manusia. Ini persis yang disebutkan ilmuawan tentang karakter black hole yakni; invisible. Kedua, aljawaar yaitu yang bergerak cepat dan sangat cepat. Menurut para ilmuan black hole (lubang hitam) juga memiliki karakter yaitu bergerak dengan cepat. Ketiga, al kunnas yaitu, yang menyapu dan menelan setiap yang ditemuinya. Karakter ini juga mirip dengann karakter black hole (lubang hitam) yang menghisap atau menelan benda-bneda yang ada disekitarnya. || Penulis Dosen FAI UMSU dan Anggota OIF UMSU. (Telah Terbit di Harian Medan Pos, 2016).



Share this post :
 
Copyright © 2015. OIFUMSU - All Rights Reserved